Thursday, December 3, 2009 By: Rustanto

Subway, Transportasi Umum yang Penting di Korea




Salah satu keunggulan di bidang transportasi masa adalah Sistem Subway, sejarahnya singkatnya adalah sebagai berikut:

Seoul, yang merupakan ibukota Korea Selatan saat ini berpenduduk sekitar 10 Juta. Kepadatan Seoul yang demikian tinggi menuntut pemerintah Korsel untuk mengatasi segala macam persoalan penduduk termasuk masalah kemacetan. Komitmen untuk mengatasi kemacetan pada saat jam-jam sibuk nampaknya demikian tinggi, terbukti dengan telah dibangunnya berbagai jalur subway yang mendorong orang untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi terutama bagi para commuter. Lihatlah bagaimana pemerintah Korsel turut melibatkan dioprasikannya subway dengan melibatkan beberapa perusahaan seperti:

Seoul Metropolitan Subway Corporation (Seoul Subway) yang mengoperasikan jalur 1 sampai dengan 4, dibangun antara tahun 1971 sampai dengan tahun 1994.

Seoul Metropolitan Rapid Transit Corporation (SMRT) yang mengoperasikan jalur 5 sampai dengan 8, dibangun sekitar tahun 1990 dan tahun 2000.

Veolia yang mengoperasikan jalur 9, dan baru beroperasi pada tahun 2009.

Korail (Korea Railroad, formerly Korean National Railroad) mengiperasikan jalur 1 (kecuali dari Seoul station ke Cheongnyangni), jalur Ilsan (jalur 3 Utara dari Jichuk; sekarang dikenal sebagai jalur 3), Jalur Gwacheon dan Ansan (jalur 4 bagian Selatan dari Namtaeryeong;), Jalur Bundang dan Jalur Jungang.

Pada tahun 1990an, Seoul mencanangkan proyek yang cukup ambisius (mungkin untuk tingkat dunia) dengan program penambahan jalur 160 km atas jalur yang sudah ada. Proyek ini termasuk menambah kilometer di jalur 2, 3 and 4 (15 km) ditambah dengan jalur 5 totalnya sepanjang 52 km (termasuk cabang-cabang di bagian timur). Dalam map yang baru termasuk jalur Incheon yang langsung konek dengan Seoul subway melalui jalur 1.

Jaur 1 dibangun sekitar tahun 1971-1974 dan dibuka pada 15 Aug 1974, membelah CBDnya Korea langsung menghubungkan Korail Kyoungbu, Kyongin (68.5km) dan Kyongwon (31.2km). Semula jalur ini nampak di map berwarna merah akan tetapi sekarang berwarna biru tua, jalur ini bersamaan dengan cabang-cabang Korail dan dioperasikan secara bersama.

Pada 16 Dec 2005, dari Yongsan - Hoegi melalui Oksu dioperasikan terpisah dari jalur 1 dan diperluas pada rute baru bagian timur kea rah Dokseo.

Jalur 2 dibangun pada tahun 1978-1984 bersamaan dengan cabang-cabang yang ada di Seongsu - Sinseol-dong , Cabang Sindorim - Kkachisan dibangun pada tahun 1989-1993. Jembatan Dangsan ditutup untuk renovasi pada tahun 1996 and dan dibuka kembali pada 22 November 1999.

Jalur 3 dibangun tahun 1980-1993 dan menghubungkan bagian barat laut dari Seoul ke tengah kota dan Gangnam. Melalui jalur Korail Ilsan (right-hand running) dari Jichuk ke Daehwa.

Jalur 4 dibangun pada tahun 1980-1994 menghungkan Timur laut kea rah selatan melalui pusat kota. Dari Namtaeryeong yang bersambung dengan jalur Korail Gwacheon kea rah Ansan.

Jalur 5 dibangun pada tahun 1990-1996 dan menghubungkan dengan Gimpo International Airport dan Youido yang merupakan area bisnis.

Jalur 6 dibuka untuk bagian pertama pada 7 Aug 2000: Bonghwasan - Sangwolgok 4 km. Pada 15 Dec. 2000 sisanya sepanjang 27 km mulai beroperasi antara lain menghubungkan Itaewon - Yaksu. Secara tuntas proyeknya selesai pada 9 March 2001.

Jalur 7 dibangun padda tahun 1990-1996 (Jangam - Konkuk Univ.) dan selesai sepenuhnya pada 1 August 2000 (central section 17 km Konkuk University - Sinpung). Bagian barat tepatnya di Sinpung and Onsu mulai beroperasi pada 29 Feb 2000.

Jalur 8 dibangun pada tahun 1990-1999 dan utamanya melayani jalur bagian tenggara dari Seoul termasuk kota satelit Songnam. Jamsil dan Amsa dibuka mulai 2 July 1999.

Line 9 dibangun pada tahun 2002 utamnya untuk 25.5 km pertama. Sementara jalur antara Gaehwa and Sinnonhyeon dibuka pada 24 July 2009. Jalur 9 ini menawarkan servis express. Sekitar 80%-dimiliki oleh Veolia Transport Korea 20% Korea's ROTEM group, ini merupakan perusahaan suasta pertama yang mengoperasian subway.

Bundang Line (K2) – dioperasikan oleh Korail dari Seonneung ke Ori, yang kemudian diperluas ke daera Suseo ke Seolleung pada Sept. 2003. Stasiun Guryong dibangun pada Oct 2004, dan stasiun Jukjeon on 24 Dec 2007.

Nah sekarang kalo mau bepergian diwilayah Seoul ndak usah bingung dah….tinggal gunakan petunjuk sesuai di map,….dan enjoy Korea….

Sumber : http://www.urbanrail.net/as/seou/seoul.htm

0 komentar:

Post a Comment