Friday, January 22, 2010 By: Rustanto

Makanan Korea khas Winter (bag.1)



Jajanan ini hanya akan dijajakan di pinggir jalan ketika musim sudah mulai membeku di saat cuaca ekstra dingin. Biasanya makanan ringan yang sering dijajakan antara lain ketela bakar, roasted chesnuts, hoppang (semacam bakpao) dan bungeobbang (snack berbentuk ikan isi kacang merah). Meskipun Korea memiliki kemajuan ekonomi yang cukup pesat, kue-kue tradisional tersebut hampir tak berubah, mengingatkan kembali pada masa kecil dan juga menghangatkan suasana dingin sembari menikmati dan memelihara tradisi Korea.

Bungeobbang / Ingeobang

(kue ikan isi kacang merah manis)

Bungeobbang / Ingeobang (fish-shaped pastry filled with sweet red bean paste)

Bungeobbang atau ingeobbang, sering dikenal sebagai hwanggeum Ingeobbang (kue ikan emas), terbuat dari tepung terigu dan tepung ketan kemudian diisi dengan pasta kacang merah. Bungeobbang lebih kenyal ketimbang hobbang karena terbuat dari tepung ketan. Penjual bungeoppang banyak terdapat di sepanjang jalan di kota Seoul and aroma yang khas tercium disekitarnya. Lima buah bungeobbang biasanya seharga 2,000 (sekitar 16 ribu rupiah)!
Pepatah mengatakan cara menikmati
bungeobbang menunjukkan karakter si pemakannya. Apakah yang anda makan pertama kali, kepala? Ekor? Jika yang dimakan adalah kepala terlebih dahulu menunjukkan bahwa anda orang yang baik dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Jika ekor yang dimakan terlebih dahulu menandakan anda orang yang suka mengikut, kemungkinan anda orang yang sensitif, romantis dan peduli terhadap penampilan. Tentu saja itu hanya permainan, tapi ndak ada salahnya kalo dicoba bagaimana dengan teman anda?



[ Tebak-tebakan] Analisa kepribadian dengan Bungeoppang
*Jika yang dimakan kepala ikan terlebih dahulu: optimis (cenderung easy going), kurang teliti terhadap hal-hal yang keil, intinya yang terlintas dalam pikirannya adalah hal-hal positif, tapi kebaikan tersebut gampang juga hilang atau berkurang. is passionate, but the passion can dwindle easily.
*Jika yang dimakan adalah ekor terlebih dahulu: hati-hati, perhatian terhadap hal-hal kecil, kurang peka terhadap orang lain.

*Jika yang dimakan adalah perut: Maskulin, aktif, selalu ceria dan bersemangat juga ramah.
*Jika yang dimakan adalah sirip terlebih dahulu: Temperamental and kekanak-kanakan dan suka menyendiri.
*Jika memakannya dengan cara dipotong jadi dua kemudian dimakan bagian ekor terlebih dahulu: sopan, hati-hati dalam menggunakan uang (hemat) dan rationalist.
* Jika memakannya dengan cara dipotong jadi dua kemudian dimakan bagian kepala terlebih dahulu: berkemauan keras, memiliki perencanaan yang baik dan berkomitmen melaksanakannya, cenderung pelit dan tidak suka meminjamkan uang.


Hobbang (semacam bakpao)
Sepajang musim dingin utamanya ketika menjelang matahari tenggelam
, hobbang is merupakan sajian yang menandakan bahwa winter telah menyelimuti Korea. Meskipun tidak ada alasan khusus bahwa hoppang adalah snack waktu winter, tapi makanan tersebut tidak dapat ditemukan pada musim yang lain. Hoppang iterbuat dari terigu yang berisi kacang merah manis, terkadang diisi dengan berbagai sayur, pizza, masakan kare atau jensi lainnya.. Hoppang biasanya dijual antara
700 ~ 1000, dan dapat dengan mudah di warung, supermarket atau penjual di pinggir jalan, dan lebih nikmat dinikamati selagi hangat.

Ketela bakar dan Kacang Chestnuts bakar


Chestnuts merupakan kacang yang banyak terdapat dimusim gugur, sementara ketela biasanya banyak dihasilkan petani pada bulan November. Sehingga biasanya menjelang akhir musim gugur, merupakan musim ketela dan chesnuts.

chestnuts bakar memerlukan waktu cukup lama untuk dapat dinikmati, Kematangan yang menyeluruh tidak hanya menjadikan kacang jenis ini lebih enak akan tetapi juga lebih muda untuk dikupas dan dimakan. Biasanya kacang jenis ini dijual dalam kemasan kertas kecil dengan harga sekitar
2,000 ~ 3,000. namun harga tersebut kemungkian dapat berbeda tergantung ukurang dari bungkus dan jumlah kacang dalam satu bungkus.

Ketela baker biasanya dibakar diatas api yang cukup besar
, dibakar konon lebih manis daripada direbus biasa. Makanan jenis ini lebih enak dinikmati ketika panas. Meskipun harganya bervariasi tergantung ukuran, namun harganya berkisar
2,000 tiap 3 biji.

Ketela dan chestnut bakar banyak dijula di sekitar pemukiman, dekat
subway stations atau sekolahan. Banyak diantara pelajar yang menjual makanan tersebut selama winter sebagai kerjaan sampingan.

1 komentar:

Inez Moi said...

Kayaknya enak bgt tuh mknan2 Korea pak. Apalgi ttg bungeobbang itu, unik ya dari cara memakannya bisa ketauan orgnya kyk apa.
=)

Post a Comment